Friday, 7 April 2017

PROPOSAL KARYA TULIS ILMIAH SEDERHANA DAN MUDAH DIPAHAMI TENTANG KENAKALAN REMAJA

PROPOSAL PENELITIAN
UPAYA PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 KUNDUR
Dibuat untuk Memenuhi Tugas Bahasa Indonesia


OLEH
XI IPA 1
Kelompok II
1.    Istanada Nurika Hassannah
NIS  8062
2.    Jourdan Stanley
NIS  8070
3.    Lintang Fitriani Pamungkas
NIS  8089
4.    Qori Setyawan
NIS  8139
5.    Siti Anisah
NIS  8184
6.    Subur
NIS  8196
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 KUNDUR
TAHUN PELAJARAN 2016/2017


KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan proposal penelitian dengan judul “Upaya Penanggulangan Kenakalan Remaja Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Kundur ”  dengan baik dan tepat pada waktunya.
Proposal penelitian ini disusun bertujuan untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia yang telah ditugaskan kepada kami. Kami berharap penelitian ini dapat berjalan dengan lancar serta terarah, untuk itu sangat kami harapkan dukungan dari berbagai pihak demi terlaksananya penelitian ini.
Penyusunan proposal ini telah mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatannya. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih terutama kepada guru bidang studi Bahasa Indonesia, Ibu Zaibah, S.Pd dan kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan proposal penelitian ini.
Kami menyadari penyusunan proposal penelitian ini masih jauh dari kesempurnaan. Kami meminta maaf atas segala kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritikan serta saran sehingga kami dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada dalam penyusunan proposal penelitian ini.


                                                                                                                        Tanjungbatu, 2 Maret 2017                                                                                        Penyusun,


                                                                       Kelompok II


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ..................................................................................  ii
DAFTAR ISI .................................................................................................  iii

BAB I             PENDAHULUAN
1.1              Latar Belakang Masalah........................................................... 1
1.2              Batasan Masalah....................................................................... 2
1.3              Rumusan Masalah  ...................................................................  2
1.4              Tujuan ......................................................................................  2
1.5              Manfaat ...................................................................................  2

BAB II            LANDASAN TEORI
2.1       Pengertian Kenakalan Remaja .................................................  3
2.2       Upaya Penanggulangan Kenakalan Remaja............................. 4
2.3       Penyebab Kenakalan Remaja................................................... 4
2.4       Dampak-Dampak Kenakalan Remaja....................................... 5


BAB III          METODE PENELITIAN               
3.1       Subjek dan Objek Penelitian.................................................... 6
3.2       Tempat dan Waktu Penelitian .................................................  6
3.3       Cara Pengambilan Data ...........................................................  6
3.4       Cara Menganalisis Data............................................................ 6
           

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN




BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang Masalah
Pergaulan adalah proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu lainnya dan dapat juga oleh individu dengan kelompok. Pergaulan memiliki pengaruh yang besar dalam pembentukan karakter dan kepribadian seseorang. Pergaulan yang dilakukan oleh seseorang akan mencerminkan kepribadiannya, baik pergaulan yang positif maupun yang negatif. Pergaulan positif dapat berupa kerja sama antar sesama individu maupun kelompok. Sedangkan pergaulan yang negatif inilah yang menimbulkan adanya kenakalan remaja. Kenakalan remaja adalah suatu perbuatan kenakalan yang dilakukan pada usia remaja atau masa transisi masa anak-anak ke dewasa.
     Belakangan ini kasus kenakalan remaja pada siswa kelas XI SMAN 1 Kundur semakin meningkat. Banyak pelanggaran yang dilakukan pelajar didalam perkarangan sekolah maupun diluar. Contoh dari kenakalan yang sering mereka perbuat adalah merokok, membolos, mencuri dan menonton  film porno. Hal ini dapat juga menjadi pemicu menurunnya prestasi belajar, padahal tujuan mereka sebagai pelajar adalah belajar bukan berbuat kenakalan.
Banyaknya masalah yang ditimbulkan dari kenakalan remaja yang tidak bisa mengontrol dirinya yang lemah  dan tidak dapat membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima. Begitupun bagi mereka yang telah mengetahui perbedaan perilaku tersebut, namun tidak bisa mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya.
Masalah kenakalan remaja ini perlu ditanggulangi secara khusus karena dapat merugikan pelajar itu sendiri maupun lingkungannya. Maka dari itu penulis mengambil judul “Upaya Penanggulangan Kenakalan Remaja Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Kundur”


1.2     Batasan Masalah
Penulisan karya tulis ilmiah ini terbatas dalam pembahasan masalah mengenai upaya penanggulangannya serta penyebab dari kenakalan remaja tentang merokok, membolos, mencuri dan menonton  film porno.

1.3  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan perumusan masalah sebagai berikut :
1.3.1        Bagaimana upaya penanggulangan kenakalan remaja pada siswa kelas XI SMAN 1 Kundur ?.
1.3.2        Apa saja penyebab kenakalan remaja pada siswa kelas XI SMAN 1 Kundur ?.

1.4     Tujuan
Sesuai dengan permasalahan diatas, tujuan yang dapat dicapai adalah :
1.4.1        Mendeskripsikan upaya penanggulangan kenakalan remaja pada siswa kelas XI SMAN 1 Kundur.
1.4.2        Mendeskripsikan penyebab kenakalan remaja pada siswa kelas XI SMAN 1 Kundur.

1.5     Manfaat Penilitian
Proposal penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya penanggulangan kenakalan remaja serta dampak yang diberikannya. Adapun manfaat penulisan proposal penelitian ini adalah :
1.5.1         Dapat mengatasi terjadinya kenakalan remaja.
1.5.2        Dapat dijadikan sebagai acuan dalam penanggulangan  kenakalan remaja.


BAB II
LANDASAN TEORI

2.1     Pengertian  Kenakalan Remaja

Remaja adalah masa-masa yang sangat kritis dan sangat menentukan bagi seorang anak. Masa-masa ini adalah masa dimana seorang anak mulai melakukan perncarian jati dirinya (A.S. Aditya, 2013).           
Adapun batasan usia remaja yang umum digunakan oleh para ahli adalah antara 12 hingga 21 tahun. Tetapi Monks, Knoers dan Haditono membedakan masa remaja menjadi empat bagian, yaitu masa pra-remaja 10 – 12 tahun, masa remaja awal 12 – 15 tahun, masa remaja pertengahan 15 – 18 tahun dan masa remaja akhir 18 – 21 tahun (Deswita, 2006:  192).
Menurut S. Budiarti, kenakalan remaja merupakan aktivitas dalam perkembangan manusia yang dianggap menyimpang dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Berikut beberapa pengertian kenakalan remaja menurut para ahli :
·       Kartono, ilmuwan sosiologi “Kenakalan remaja atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah juvenile delinquency merupakan gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Akibatnya, mereka mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang.”
·       Santrock Kenakalan remaja merupakan kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal.”
·       Singgih D. Gunarso (1988 : 19), “Dari segi hukum kenakalan remaja digolongkan dalam dua kelompok yang berkaitan dengan norma-norma hukum yaitu : (1) kenakalan yang bersifat amoral dan sosial serta tidak diantar dalam undang-undang sehingga tidak dapat atau sulit digolongkan sebagai pelanggaran hukum : (2)


kenakalan yang bersifat melanggar hukum dengan penyelesaian sesuai dengan undang-undang dan hukum yang berlaku sama dengan perbuatan melanggar hukum bila dilakukan orang dewasa.”

2.2     Upaya Penaggulangan Kenakalan Remaja
Menurut para ahli bimbingan dan konseling, Zakiah Daradjat dan Sarlito Wirawan Sarsono upaya yang bisa dilakukan dalam menanggulangi kenakalan remaja yaitu :
a.    Meningkatkan pendidikan agama.
b.    Pengisian waktu luang dengan teratur.
c.    Membentuk markas-markas bimbingan dan penyuluhan.
d.   Orangtua harus mengerti dasar-dasar pendidikan.

2.3     Penyebab Kenakalan Remaja
Menurut Kumpfer dan Alvarado ada beberapa penyebab kenakalan remaja diantaranya:
a.    Kurangnya sosialisasi dari orangtua ke anak mengenai nilai-nilai moral dan sosial.
b.    Contoh perilaku yang ditampilkan orangtua (modeling) di rumah terhadap perilaku dan nilai-nilai anti-sosial.
c.    Kurangnya pengawasan terhadap anak (baik aktivitas, pertemanan di sekolah ataupun di luar sekolah, dan lainnya).
d.   Kurangnya disiplin yang diterapkan orangtua pada anak.
e.    Rendahnya kualitas hubungan orangtua-anak.
f.     Tingginya konflik dan perilaku agresif yang terjadi dalam                             lingkungan keluarga.
g.    Kemiskinan dan kekerasan dalam lingkungan keluarga.
h.    Anak tinggal jauh dari orangtua dan tidak ada pengawasan dari figur otoritas lain.



2.4     Dampak Kenakalan Remaja
Kenakalan remaja dapat menimbulkan dampak-dampak negatif diantaranya :
a.     Membentuk kepribadian atau akhlak yang buruk bagi pelakunya dan kebiasaan tersebut akan sangat sulit untuk diubah kedepannya.
b.    Remaja tersebut dihindari bahkan dikucilkan oleh banyak orang, dan tidak menutup kemungkinan dia akan dianggap sebagai pengganggu.
c.     Merasa terasing dari kehidupan bersosialisasi.
d.    Akibat kenakalan remaja yang terjadi, tak sedikit keluarga yang harus menanggung malu. Biasanya anak remaja yang sudah terjebak kenakalan remaja tidak akan menyadari tentang beban keluarganya.
e.     Tidak menutup kemungkinan para remaja yang telah terjerumus kedalam pergaulan bebas akan terjangkit suatu penyakit yang mematikan seperti HIV/AIDS dan sebagainya.
f.     Masa depan  yang suram. Hal ini terjadi karena, kebanyakan dari mereka yang sudah terlanjur terjerumus kedalam pergaulan bebas, hidup mereka perlahan akan kacau yang akhirnya dapat menyebabkan kehancuran bagi masa depan mereka dan tidak sempat memperbaikinya.


BAB III
METODE PENELITIAN
3.1  Subjek dan Objek Penelitian
                               Subjeknya adalah siswa kelas XI SMAN 1 Kundur yang diambil secara acak  berjumlah 80 orang, yang terdiri dari 56 siswa laki-laki dan 24 siswi perempuan. Sedangkan yang menjadi objek yang diteliti pada penelitian ini adalah kenakalan remaja yang dilakukan oleh siswa kelas XI SMAN 1 Kundur dan penyebabnya.

3.2  Tempat dan Waktu Penelitian
                               Penelitian dilaksanakan di lingkungan SMAN 1 Kundur, pelaksanaan penelitian terhitung dari tanggal 3-10 Maret 2017.

3.3  Cara Pengambilan Data
                               Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa cara , yaitu  angket dan wawancara.

3.4  Cara Menganalisis Data
                               Analisis data dilakukan dengan cara mengelompokkan responden kedalam 2 kelompok yaitu kelompok pro dan kontra terhadap kenakalan remaja. Pengelompokan tersebut diperoleh dari jawaban atas pernyataan-pernyataan yang dipilih oleh responden. Jika kelompok pro lebih banyak dari pada kelompok kontra maka bisa disimpulkan bahwa banyak dari siswa kelas XI SMAN 1 Kundur mendukung dan melakukan kenakalan remaja.






DAFTAR PUSTAKA

Edukatif, Tim. 2007. Kompeten Berbahasa Indonesia Untuk SMA Kelas XI. Penerbit : ERLANGGA.
Wardani. 2014. Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Tanggerang : Universitas Terbuka.
Yanto, Juli. 2010. Pengendalian Sosial sebagai upaya mencegah penyelewengan Norma di Masyarakat. CV RAMA EDUKASITAMA : Jakkarta Timur.
Habibillah, Haikal Hira. 2008. Sebab Mekarmu Hanya sekali. Jatinagor : Pustaka Elposowy.
Budiarti, Siswati. “Kenakalan Remaja, Bentuk, Penyebab dan Cara Mengatasinya”.https://siswatibudiarti.wordpres.com/2010/12/23/kenakalan-remaja-bentuk-penyebab-dan-cara-mengatasinya/ (Diakses pada tanggal 2 Maret 2017).
Annisa, Rizki. “Judul Angket”.https://rizkiannisa.wordpress.com/ContohMembuat Angket/Angket/tentang/ContohAngket/Contoh/angket/tentang/penelitian/kenakalan/(Diakses pada tanggal 3 Maret 2017)
Lianlubis. “Dampak Pergaulan Bebas Terhadap Kenakalan Remaja”. https://dampak/pergaulan/bebas/terhadap/kenakalan /remaja/Lianlubis's /(Diakses pada tanggal 27 Februari 2017)

Sumber Lain :









LAMPIRAN

KUESIONER PENELITIAN KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 KUNDUR 
No
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1
Saya merasa rokok itu bagus
2
Saya ingin mencoba merokok
3
Merokok dapat menyelesaikan beban pikiran
4
Saya suka membolos
5
Membolos adalah hal yang baik ketika pelajaran jam kosong
6
Mengambil  sesuatu tanpa izin dan tidak mengembalikannya
7
Saya rasa jika mencuri sedikit tidak akan jadi masalah
8
Saya rasa menonton film porno tidak salah
9
Saya rasa film porno memiliki manfaat
10
Saya tidak mampu mengendalikan diri saya dalam segala hal
11
Krisis identitas merupakan penyebab kenakalan remaja
12
Kenakalan remaja disebabkan control diri yang lemah
13
Seks bebas bukanlah hal yang baru dalam kehidupan remaja.
14
Seks bebas bukan masalah apabila sama-sama suka
15
Seks bebas tidak masalah asal tidak hamil
16
Saya rasa melanggar tata tertib merupakan hal biasa
17
Saya rasa kenakalan remaja dapat menyebabkan turunnya prestasi belajar
18
Teman dan pergaulan yang tidak baik menyebabkan kenakalan remaja
19
Kurangnya perhatian orangtua terhadap anak merupakan penyebab kenakalan remaja
20
Orang tua saya sering tidak menghargai pendapat anak-anak mereka dan hanya membenarkan pendapat mereka sendiri.

Ket :


SS          :         Sangat Setuju.
S            :         Setuju.
TS          :         Tidak Setuju.
STS        :         Sangat Tidak Setuju





No comments:

Post a Comment