Friday 1 May 2020

REKLAMASI SINGAPURA TERHADAP INDONESIA

   
-Apa dampak dari reklamasi singapura terhadap indonesia?
-Apa upaya pemerintah Indonesia dalam menghadapi kasus reklamasi tersebut?
-Pengertian Reklamasi?
-Bagaimana batas maritim antara singapura dan indonesia?
-Bagaimana hubungan kerja sama singapura dan Indonesia?
-Kasus reklamasi singapura di mata PBB?
-Apakah wilayah kelautan indonesia berkurang?
-Apakah proyek reklamasi akan menjadi ancaman atau justru menjadi ladang bisnis bagj singapura dan indonesia?
-unclos 1982?


Pertanyaan tersebut akan dijawab dalam makalah ini.
------------------------------------------------------------
Berikut adalah preview dari latar belakang makalah Dampak Proyek Reklamasi Singapura terhadap Bangsa Indonesa dan Upaya Pemerintah dalam Meneyelesaikannya
------------------------------------------------------------

  Reklamasi dapat  didefinisikan sebagai aktivitas penimbunan suatu areal dalam skala relatif luas hingga sangat luas di daratan maupun di areal perairan untuk suatu keperluan rencana tertentu (Wikipedia). Sedangkan menurut undung undang No.27 tahun 2007 definisi reklamasi adalah kegiatan yang dilakukan oleh orang dalam rangka meningkatkan manfaat sumber daya lahan ditinjau dari sudut lingkungan dan sosial ekonomi dengan cara pengurugan, pengeringan lahan atau drainase. Pengertian reklamasi menurut wikipedia dan undang undang republik indonesia senada dengan pendapat Wisnu Suharto yang merupakan ketua PII (Persatuan insinyur Indonesia) bahwa reklamasi adalah Menurut Wisnu Suharto pengertian reklamasi adalah suatu upaya pemanfaatan kawasan atau lahan yang relatif tidak berguna atau masih kosong dan berair menjadi lahan berguna dengan cara dikeringkan. Dengan kata lain reklamasi adalah mengubah wilayah perairan pantai menjadi daratan dengan mengubah permukaan tanah yang rendah dan tergenangan air menjadi lebih tinggi.
    Dilansir di Liputan6.com telah banyak negara yang melakukan proyek reklamasi, seperti Dubai yang menambah 250 km di daerah pantainya, Jepang dengan proyek reklamasinya 10 km, China, Taiwan dan masih banyak lagi. Bahkan tetangga kita yaitu Singapura juga telah menjalankan proyek reklamasi kurang lebih 360 km yang berhadapan langsung dengan laut indonesia.
    Indonesia dan Singapura  yang hanya dipisahkan oleh laut  yaitu selat Singapura yang memiliki posisi strategis karena berada pada jalur perdagangan dunia. Kawasan ini merupakan kawasan yang ramai karena banyak kapal yang lewat dan singgah, sehingga negara manapun yang menguasai kawasan ini perekonomiannya akan dapat berkembang dengan pesat, batas kedua negara tersebut berupa batas maritim. Permasalahan batas maritim antara Indonesia dan Singapura timbul karena adanya tumpang tindih klaim yang diajukan kedua negara. Jika hal ini terus dilakuka maka proyek reklamasi akan mengaburkan batas wilayah antara indonesia dan singapura. Untuk itu pemertintah perlu mengambil kebijakan dalam menanggapi masalah ini.


Untuk membaca lebih lanjut makalah diatas silahkan klik tombol download dibawah-----------------------------
>>>>>DOWNLOAD<<<<<<<

Terus dukung penulis dengan selalu menyertakan sumber 😁😁
Jangan lupa tinggalkan jejak yaa
Semoga bermanfaat :😁😁😁

Have a nice dayyy



Tag
#reklamasisingapura
#penanganproyekreklamasisingapura
Upaya bangsa indonesia dalam menyelsaikan kasus reklamasi
#zee
#batasmaritimindonesia
#indonesia
#bataslandaskontinen
#hukumlautinternasional
#kawasanlautsingapura
Kawasan laut indonesia berkurang
#unclos1982
#hubungankerjasamainternasional
Kasus reklamasi singapura di mata PBB


No comments:

Post a Comment